Thursday 7 July 2016

Aktivitas yang mestinya dihindari di hari lebaran


Hari raya iedul fitri atau lebih banyak dikenal orang dengan hari lebaran, merupakan suatu momen kemenangan bagi umat islam, setelah melewati rentetan training keimanan pada bulan suci Ramadhan di bulan sebelumnya, kini kita merayakannya dengan suka cita. Ada beberapa cara seseorang merayakan hari lebaran yang penuh dengan keberkahan ini. Dan tak jarang bagi mereka yang merayakannya malah memaknainya dengan sesuatu yang salah kaprah atau tidak mengena pada essensi hari kemenangan itu sendiri.
Dan berikut ini adalah beberapa hal yang kurang pantas dilakukan di hari lebaran :

·         Jalan-jalan dengan pacar


Hari raya idul fitri adalah hari dimana seorang muslim merayakan hari kemenangan, di hari itu juga, kita menempatkan kondisi kita kembali pada fitrah (suci kembali). Tetapi tidak semua orang mengerti akan hal itu, khususnya bagi muda-mudi yang dimabuk asmara, tak pelak di hari itu juga mereka jadikan sebagai hari spesial bersama pasangannya. Padahal tindakan seperti itu yang justru menghapus essensi lebaran yang sesungguhnya. Di zaman modern ini memang sulit rasanya menghapus tren pacaran di kalangan muda-mudi. Tetapi cara lain untuk memperbaiki itu semua yaitu dengan menjalaninya dengan biasa dan tidak kelewatan.
Jadi, bagi kamu-kamu yang mempunyai pasangan, cukuplah dengan bersilaturahmi ke rumah orangtuanya, selain karena hubunganmu belum sah (masih pacaran) juga buat ajang PDKT dengan calon mertua J.

·         Pesta yang berlebihan


·          
Pesta atau perayaan yang dilakukan umat muslim di hari lebaran memeng sah-sah saja dilakukan umat muslim, sebagai ungkapan rasa syukur dan bahagia setelah kita mampu melewati Ramadhan dengan segala macam rentetan rutinitasnya. Membeli baju baru, menyiapkan berbagai kue, dan mendekor ulang rumah merupakan beberapa contoh perayaan yang dilakukan oleh kita. Semua itu dilakukan hanya untuk menyambut hari lebaran dan sanak family yang akan berkunjung.
Namun bagaimana dengan pesta yang berlebihan dan cenderung tidak layak dilakukan oleh banyak kalangan masyarakat, seperti memutar lagu dj (house), ngetrek, bahkan meminum-minuman keras, tentu itu semua harus dihindari oleh kita. Karena arti pesta disini adalah sebuah pesta yang dilakukan oleh umat muslim dengan cara dan tujuan yang bermanfaat bagi kita, tidak seperti demikian yang malah merusak hari lebaran dan juga merusak keimanan seseorang.

·         Berdiam diri di rumah


Tidak ada sama sekali aktivitas yang dilakukan di hari lebaran merupakan sebuah penyikapan yang patut kita hindari di hari lebaran, berdiam diri di rumah memang tidak salah, namun untuk hari seistimewa ini, apa cukup berdiam diri saja sebagai penyambutan hari kemenangan? Tidak kan. Umumnya kita mengisi hari ini dengan bersilaturahmi dari rumah ke rumah, desa ke desa, bahkan pulau ke pulau bukan dengan cara sepertimu yang cuma menikmatinya dengan diam di pojokan rumah. Hal yang membosankan dan buang-buang waktu pastinya. Terlepas dari seberapa penting alasanmu untuk berdiam diri, cukup tonjolkan semangatmu berinteraksi dengan sesama agar aktivitas semacam itu dapat kamu hindari di hari yang fitri ini.
Demikian beberapa aktivitas yang perlu kita hindari di suasana hari lebaran yang penuh kemenangan dan berkah ini, semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan kami selaku penulis mengucapkan “ja’alnallahu wa iyyakum minal aidzin wal wal faizin” selamat hari raya idul fitri 1437 H, mohon maaf lahir dan bathin J” wassalamu’alaikum.

No comments:

Post a Comment

Blogger templates

Pages

Blogroll